LDII Watch

March 28, 2007

Sebuah Diskusi di Forum JOKAM

Filed under: LDII Watch — ldiiwatch @ 7:34 am

Sumber: http://www.jokam.com/forum_viewtopic.php?50.1574 

sirun79 on Thu Jul 21 2005, 12:48PM:

Assalamu alaikum wr wb.
Kembali saya dihadapkan pada orang yang
agak kritis, tapi kali ini hum.

Dia menanyakan dalil “innahu laa islaama…illa bil baeah…”.
Haditsnya apa dan halaman berapa.

Saya pernah melihatnya di dalam hadits Ad Darimi. Tapi di dalam hadits Ad Darimi itu tidak ada lafal “walaa imarota illaa bil baeah”, tapi langsung “wa laa imarota illa bitthoat.

Apa ada di dalam hadits lain?
Jazaakumullohu khoiro.
Wassalam.

Nb. Saya mau belajar bahasa Arab agar bisa baca arab gundul. Gimana memulainya? ada gak referensi/software yangbaik dan gratis?


Jazaa kalloohu khoiro
SeeRoonSter

yugo on Thu Jul 21 2005, 01:12PM:

ada yang ADA dan ada yang NGGAK ADA pak, meski intinya sama, contoh bbp dalil dibawah ini:

1. yadullohi ALAL jamaah waman syadzaa syadzaa ilan Naar, ada juga hadits lain yang berbunyi yadullohi MA`AL jamaah… dst.

2. …wa man yu`minu billahi wal yaumil aakhir fal yaqul khoiro au LIYASMUT, tapi ada perowi lain yang berlafal …au LIYASKUT

Yeah, intinya sama lah… gak usah khawatir pak, semua dalil diatas bisa dijadikan hujjah kok. Bagi logic thinkers: yang namanya Jamaah sudah pasti, wajib, kudu ada: Im** yang di baiah toh? Gimana mau toat kalo nggak ada prosesi Baiah?. Coba gali terus ilmunya pak… Semoga Alloh paring kefahaman. Amiin Ya Dzal Jalali Wal Ikrom.

sirun79 on Thu Jul 21 2005, 02:24PM:

Disitulah masalahnya. Dia mengatakan bahwa hadits itu (yang ada lafal ‘illa bil baeah’) tidak ada. Katanya kita yang nambah-nambahi lafal baeah. Makanya dia mau lihat haditnya langsung, halaman berapa di Darimi.

Kalo yang saya lihat di Darimi itu memang gak ada lafal ‘illa bil baeah’nya. Ato mungkin di halaman lainnya? wallaahu a’lam.

Kalo di himpunan insya Allah rujuknya ke Darimi juga. Tapi nanti saya lihatlagi (soalnya skg di kantor).


Jazaa kalloohu khoiro
SeeRoonSter

yugo on Thu Jul 21 2005, 02:42PM:

Fuu bil baiatul awalu fal awaal… Bener Masdodo tuh, di Kitabu Imaroh atau mungkin di Kanzil Umal insya Alloh ada. Saya sendiri sudah pernah baca yang ada lafal “… bil baiah…”, tapi nanti deh, jarang deres juga nih, hehehe… Sibuk boss, sama nih lagi di kantor juga. Jazaakallohu khoiro dan salam tiga jari… yeah!!

striker on  Mon Jul 25 2005, 05:52PM:



Dia menanyakan dalil “innahu laa islaama…illa bil baeah…”.
Haditsnya apa dan halaman berapa.


Yang bilang qta menyalin hadist dg bunyi spt itu spy dimintakan referensinya, di mana qta menyalin itu? Sy cek di K. Adillah qta, yg disalin dari Ad Darimi itu, matan-nya emang langsung “..illa bitthoah”, tanpa ada ‘..illa bil baiah..’ Sy kira ini fitnahan yg lagi nge-trend di kalangan hum kalo qta (actually, Abah Alm) ngarang hadist itu. Suruh mereka buktikan dimana qta menulis hadist dari AdDarimi yg matannya ada ‘.. illa bil baiah..’. Spt yg pak cik bilang, nggak kurang2 deh ayat dan hadist ttb B* itu. Mau di Bukhori n Muslim yg shahih jg ada. Suruh aja ngaji yg banyak. Tapi kalo emang motivasinya mau nuduh qta ngarang hadist, ya nggak usah dilayanin terlalu jauh deh. Kalo bisa tunjukin aja K. Adillah qta, itu versi salinan yg orisinil dari Abah Alm. Cukup dijelaskan singkat aja. Kalo cetakannya mau dpt hidayah ya mesti bisa nerima, kalo cetakannya pasal2 cari salah qta, lha qta kan manusia biasa, pasti banyak salahnya, tapi itu nggak berarti sama sekali bahwa QHJ yg kita emban itu salah. Meanwhile, qta open minded aja untuk memperbaiki diri terus menerus.

sirun79 on Tue Aug 09 2005, 11:05AM:

Maaf, baru masuk lagi, siiiiibuk.
Jadi kesimpulannya, memang hadits yang ada kata ‘illa bil baeah’ itu belum ketemu hadits/prowinya khan? So, semuanya supaya mengingatkan kepada para penasehat agar tidak usah memakai hadits dengan lafal tersebut di atas, ok. Itu untuk mencounter omongan jelek hum kepada kita.
Bukankah hadits tentang baeat itu sendiri sangant banyak khan? jadi pake hadits yang prowinya jelas saja.
Alhamdulillah jazaakumullohu khoiro atas perhatiannya semua. Especially for my far away ‘uncle’, qh4u2die4.


Jazaa kalloohu khoiro
SeeRoonSter

q4u2die4 on  Tue Aug 09 2005, 12:32PM:

hadits tentang baeat itu sendiri sangant banyak
That’s yaqeen-HaQQ “TRUE & CORRECT”. And although what’s already been openly “shared” with ALL as found in “tafsir ibn kaatsir” (i.e. which Muslim scholars [worldwide!] had acknowledged and recognized as “authoritative”) is indeed quite adequate if not explicatively comprehensive; as a fellow wargaJ (&/or that “eccentric and stupid old man”) I shall and can only assure ALL fellow wargaJ that there are indeed SO MUCH MORE that proved, substantiated and confirmed the OBLIGATION for one to “bai’at” to legitimize his/her very existence. That said, all-of-us (wargaJ!) regardless of age, gender or “position within the congregation” should always bear in mind that it is most definitely an abominable sin (DOSA BESAR!) to “fabricate and/or concoct” or to use “ro’yu” to justify one’s own conviction and/or stand about any particular Islamic principle. So we shall always strictly and exclusively “stick and abide” to QnH only! And as Sirun79 had understood (alHamdulillaahi robbil ‘aalameen)
… … jadi pake hadits yang prowinya jelas saja.
“Hidayah dan Hikmah adalah urusan aLLaahu Sendiri!”

mApmaslb – ajkAkh – wSak wRAwBwM

masdodo on Fri Aug 12 2005, 09:58AM:

sirun wrote : Jadi kesimpulannya, memang hadits yang ada kata ‘illa bil baeah’ itu belum ketemu hadits/prowinya khan?

sepertinya kesimpulan dia “agak” betul, soalnya dari keterangan Pak KAsmudi dan Pakubumi pusat begini :
1. Mengenai manqulnya hadis yg lengkap tsb secara komplit sebetulnya sudah di sampaikan oleh abah alm. (walau hanya lewat nasehat)
2. haditsnya sendiri sebetulnya ada (diterangkan beliau2 tsb) hanya karena hadits tsb tidak masyhur dan Laku (cetakannya), maka sekarang sangat susah untuk ditelusuri.
(meski gak “GENTLE”, itulah keterangannya……..)
3. Kemungkinan di Tim Teng (di perpustakaannya sana) masih ada.

itulah yang bisa kita terangkan pada orang kita, saudara2 kita….kalo pada HUM terangkan saja dengan hadits lain yang saling melengkapi dan derajatnya sahih semua. biar merka gak pasal2 dan punya bahan untuk menjatuhkan.

q4u2die4 on Fri Aug 12 2005, 11:31AM:

Begitu lah (saperti yang masdodo tulis di atas) seBENARnya yang dulu2 pakcik terima, … … ya saperti kata beliau … …”(meski gak “GENTLE”, itulah keterangannya……..)” … …

Masdodo, .. … there’s such a thing I call “controlled transparency”; but life goes on, so we move on and “not that we are SCARED or DAUNTED by hum’s threats or potentials”; it’s just proper that we thread strategically such that we do not literally INVITE persecution = FBBLLB always.

masdodo on Sat Aug 13 2005, 12:10PM:

Meski gak Gentle begitulah………
jangan akhirnya melemahkan karena gak ada bukti di depan mata, karena berkenaan dalil baiat…banyak, buanyaaaaaaaaak hadits yg hasan sohih…

Jokam….jokam….till death do us part…

dhiepo354 on Wed May 03 2006, 11:25PM:

hadist itu banyak banget, jd jgn cuma menggali cuma satu hadist saja dan diambil kelemahan terus disimpulkan, apalagi klo qta cuma menuruti omongan orlu yg selalu mencari kesalahan qta tanpa dasar yg jelas, pokoknya saya membenarkan omongan pakcik lah bahwa “hadits tentang baeat itu sendiri sangant banyak:, so klo ada jokam yg ditanya2 mslh hadist, ya qta jawabnya pake referensi hadist lain yg lebih memperkuat dan secara mankul tentunya, Ingat…!!! Jangan hanya menggunakan hanya satu hadist dgn matan (isi hadist) yg ga jelas perowinya untuk qta pergunakan ato qta pake hujjah…apalgi klo lom manqul.

ajkkhh

About these ads

381 Comments »

  1. DDII tidak sudi LDII berkembang, maka DDII memerintahkan underboownya yang bernama LPPI dengan agen2nya yang bernama hartono ahmad djaiz dan amin jamaluddin untuk membuat propaganda menghancurkan LDII.
    kalo ngga tobat semoga Allah membalas fitnahnya amin djamaluddin , hartono ahmad djaiz,bambang irawan, jamaah tarbiyyah, kammi, DDII,PKS,kisdi,

    Comment by Dessy Amelia — December 10, 2013 @ 10:57 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: